Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

10 Rahasia Manfaat Tertawa

07 July 2020 | 00:39 WIB Last Updated 2021-11-05T14:55:11Z
10 Rahasia Manfaat Tertawa
10 Rahasia Manfaat Tertawa

Apa manfaat tawa?  Tertawa adalah bagian dari perilaku manusia yang diatur oleh otak. Membantu manusia mengklarifikasi niat mereka dalam interaksi sosial dan memberikan konteks emosional pada percakapan. Tertawa digunakan sebagai sinyal untuk menjadi bagian dari kelompok - itu menandakan penerimaan dan interaksi positif dengan orang lain.


Tertawa adalah perayaan yang baik, dan itu juga cara kita menangani yang buruk. Tertawa, seperti menangis, adalah cara yang baik untuk menghilangkan racun dari tubuh . Karena pikiran dan tubuh terhubung, Anda menggunakan jumlah otot yang luar biasa ketika Anda tertawa. Tertawa adalah obat terbaik. Kami selalu diberitahu itu. Tapi, sebenarnya ada lebih banyak tawa yang menyenangkan daripada hanya membangkitkan semangat kita selama beberapa menit.


Sebenarnya, tertawa adalah masalah besar. Dan telah terbukti memiliki banyak efek menguntungkan pada tubuh manusia dengan berbagai cara. Lihat saja 10 manfaat kesehatan tawa yang mengesankan ini.


10. Hidup lebih lama



Menurut beberapa penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Archives of General Psychiatry. Orang tua yang optimis, mereka yang mengharapkan hal-hal baik akan terjadi (daripada hal-hal buruk), lebih kecil kemungkinannya untuk mati daripada orang pesimis. Bahkan, di antara peserta studi 65-85 tahun, mereka yang paling optimis adalah 55 persen lebih rendah untuk meninggal karena semua penyebab daripada orang yang paling pesimis.


9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda


10 Rahasia Manfaat Tertawa


Para peneliti telah menemukan bahwa tawa sebenarnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh , meningkatkan jumlah sel T yang memproduksi antibodi. Ini kemudian membuat kita lebih kecil kemungkinan terkena batuk dan pilek. Ini juga menurunkan tingkat setidaknya empat hormon yang berhubungan dengan stres. Jadi, setelah terkikik, Anda seharusnya tidak terlalu tegang dan cemas.


8. Meredakan Nyeri


10 Rahasia Manfaat Tertawa


Chortle yang baik telah ditemukan untuk mengurangi rasa sakit. Tidak hanya itu mengalihkan Anda dari rasa sakit, tetapi juga melepaskan endorfin yang terasa enak ke dalam sistem Anda yang lebih kuat daripada jumlah morfin yang sama.


Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan bahwa hanya 15 menit tawa dapat meningkatkan toleransi rasa sakit sekitar 10 persen sebagai hasil dari endorfin yang dilepaskan di otak. Endorfin ini menyebabkan sesuatu yang mirip dengan "tinggi" alami, yang mengarah ke perasaan tenang yang menyenangkan, serta penghilang rasa sakit sementara.


7. Mengurangi Depresi


10 Rahasia Manfaat Tertawa

Tertawa telah lama diketahui membantu orang yang menderita SAD atau depresi total. Tertawa mengurangi ketegangan dan stres , dan menurunkan kecemasan dan iritasi, yang semuanya merupakan faktor utama yang berkontribusi terhadap blues. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Geriatrics and Gerontology International, ditemukan bahwa terapi tawa mengurangi depresi pada pasien lanjut usia dengan mendorong perasaan kesejahteraan dan meningkatkan interaksi sosial mereka.


6. Tingkatkan Hubungan Anda


10 Rahasia Manfaat Tertawa

Jika Anda mencari pasangan baru, maka tawa akan membantu Anda menemukan pasangan baru. Pria mencintai wanita yang tertawa di hadapan mereka dan wanita benar-benar tertawa 125% lebih banyak daripada pria .


Dan jika Anda sudah bersama seseorang, maka selera humor yang sama adalah faktor penting dalam menjaga hubungan Anda berjalan lancar.


5. Manfaat Sosial dari tertawa

Rahasia Manfaat Tertawa

Tertawa itu menular. Jadi, jika Anda membawa lebih banyak tawa ke dalam hidup Anda, kemungkinan besar Anda dapat membantu orang lain di sekitar Anda lebih banyak tertawa. Dengan meningkatkan suasana hati orang-orang di sekitar Anda, Anda dapat mengurangi tingkat stres mereka, dan mungkin meningkatkan kualitas interaksi sosial yang Anda alami dengan mereka. Selain itu, mengurangi tingkat stres Anda bahkan lebih!


Semakin Anda tertawa bersama orang lain, semakin besar kemungkinan Anda akan dikenang karena energi dan perasaan positif yang Anda bawa. Bahkan hubungan intim pun meningkat dengan tawa , yang mengarah ke lebih banyak kebahagiaan dan hubungan yang menyenangkan.


4. Latihan Internal

10 Rahasia Manfaat Tertawa

Apakah Anda memiliki tawa perut yang baik belakangan ini? Sebuah baik perut tertawa latihan diafragma, kontrak abs dan bahkan bekerja di luar bahu, meninggalkan otot lebih rileks setelahnya. Itu bahkan memberikan latihan yang baik untuk jantung. Tertawa 100 kali setara dengan 10 menit di mesin dayung atau 15 menit di sepeda olahraga.


3. Meningkatkan Pernapasan Anda


10 Rahasia Manfaat Tertawa


Tertawa lebih banyak dan lebih banyak, karena tawa mengosongkan paru-paru Anda dari lebih banyak udara daripada yang diperlukan dalam menghasilkan efek pembersihan - mirip dengan bernapas dalam-dalam. Ini sangat membantu bagi orang yang menderita penyakit pernapasan, seperti asma.


2. Tertawa Membantu Anda Menurunkan Berat Badan


Rahasia Manfaat Tertawa

Tertawa juga merupakan latihan fisik yang sangat baik. Membakar kalori dengan tertawa mungkin tidak terdengar seolah-olah itu banyak digunakan, tetapi tawa yang hangat meningkatkan detak jantung dan mempercepat metabolisme. Jika Anda berdiet, pikirkan tentang menambahkan tawa ke dalam rezim olahraga Anda. Sebuah sitkom yang baik mungkin membuat Anda tertawa selama 20 menit atau lebih.


1. Melindungi Jantung


Rahasia Manfaat Tertawa

Orang yang sering tertawa secara teratur memiliki tekanan darah lebih rendah daripada rata-rata orang. Ketika orang tertawa dengan baik, tekanan darah pada awalnya meningkat, tetapi kemudian menurun ke tingkat di bawah normal.


Jantung Anda adalah otot dan, seperti halnya otot di tubuh Anda, jantung menjadi lebih kuat dan berfungsi lebih baik saat berolahraga. Tertawa teratur seperti mendapatkan keanggotaan gym untuk hati Anda. Tertawa telah terbukti bermanfaat bagi aliran darah ke seluruh tubuh, mengurangi kemungkinan penyakit jantung . 

Penelitian mengatakan bahwa 15 menit tawa sehari sama pentingnya bagi jantung Anda dengan 30 menit olahraga 3 kali seminggu.

No comments:

Post a Comment