Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pengaruh Blue Light Effect Bagi Kesehatan

10 October 2023 | 23:13 WIB Last Updated 2023-10-10T16:13:45Z



Kebanyakan orang tentu sering menggunakan Gadget, seperti: Laptop, Smartphone, Tablet atau yang lainnya. Kira-kira berapa lama waktu yang Anda habiskan di depan layar gadget tiap hari?. Tentu sudah sering sekali bahkan ketika menjelang tidur juga, Kita masih menggunakan gadget sampai tertidur. Menurut penelitian, 60% orang di dunia mengabiskan waktu 6 jam lebih di depan layar gadget. Pada gadget terdapat sinar biru atau blue light effect yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan serius pada mata dalam jangka panjang.

Bila terus menerus terpapar sinar biru maka dapat menurunkan produksi melatonin. Melatonin merupakan hormon yang mengatur tidur Kita, jadi bila terus menerus terkena sinar biru maka dapat menyebabkan Kita kesulitan dalam tidur. Selain itu, penelitian di Harvard mengklaim bahwa paparan sinar biru memiliki kaitan terhadap beberapa jenis kanker (kanker payudara dan prostat), diabetes, penyakit jantung dan obesitas. 



Sinar biru yang kurang baik adalah pada malam hari karena sinar biru akan menekan melatonin yang memiliki kaitan dengan penyakit kanker. Jadi sinar biru memiliki energi yang sangat besar sehingga memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan Kita. Oleh karena itu, Kita perlu membatasi penggunaan gadget demi kesehatan. Selain itu, kurangi juga penggunaan gadget pada malam hari karena bahayanya lebih besar terhadap kesehatan. Selalu jaga kesehatan Anda mulai dari sekarang.

No comments:

Post a Comment