Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mengatasi Permasalahan Aplikasi Tidak Bisa Dibuka

10 October 2023 | 23:16 WIB Last Updated 2023-10-11T09:07:40Z



Kebanyakan orang yang mempunyai Smartphone dengan sistem operasi android, tentu suka download berbagai aplikasi di Play Store. Namun apa jadinya jika aplikasi yang sudah didownload  tidak bisa dibuka karena error. Hal tersebut tentu membuat bingung dan tidak mengerti cara mengatasinya. Kebanyakan aplikasi yang tidak bisa dibuka atau error biasanya aplikasi itu bukan dari bawaan Smartphone tersebut. Biasanya peringatan yang muncul pada aplikasi seperti 'Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti' atau 'Unfortunately, App Has Stopped' .Lalu bagaimana mengatasinya, berikut penjelasannya.

1. Coba untuk menghapus cache memori
Sebaiknya Anda rutin untuk membersihkan file cache pada Smartphone android. Bila tidak pernah dibersihkan dapat menumpuk dan bisa membuat memori penuh. Untuk menghapus cache dapat membuka Pengaturan > Setelan tambahan > Manajemen aplikasi > Cari nama aplikasi > Hapus cache.

2. Update aplikasi
Bila aplikasi tetap tidak mau dibuka, Anda dapat melakukan update aplikasi atau hapus aplikasi dan download kembali. Mungkin dengan update, aplikasi bisa dibuka dan dapat digunakan.

3. Reboot Smartphone
Anda dapat melakukan reboot Smartphone untuk beberapa saat dan diamkan untuk sementara waktu. Secanggih apapun Smartphone, ada kalanya untuk istirahat sejenak. Bila dirasa sudah cukup, Anda dapat mengaktifkan kembali Smartphone.

Semoga cara sederhana di atas dapat membantu mengatasi permasalahan aplikasi tidak bisa dibuka. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment