Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Sederhana Mendinginkan Prosesor Mudah Panas

10 October 2023 | 23:23 WIB Last Updated 2023-10-11T09:03:55Z



Kebanyakan pengguna Komputer tentu akan merasa terganggu kalau prosesor pada Komputer mengalami panas berlebih atau overheat. Bila prosesor panas berlebih maka dapat berpengaruh pada peforma dan kinerja Komputer terganggu. Kemampuan Komputer akan menurun secara drastis atau bahkan Komputer akan hang atau restart tiba-tiba. Hal ini yang menyebabkan berbagai cara dilakukan pengguna untuk mencari cara agar prosesor Komputer tidak mudah panas. Bila Anda binggung caranya seperti apa, berikut penjelasanya untuk Anda.

1. Usahakan untuk mengecek kipas dan heatsink
Bila prosesor mudah panas, Anda bisa mengecek kipas dan heatsink. Anda dapat membersihkan heatsink bila kotor, hal ini dilakukan karena heatsink terbuat dari logam yang bersekat-sekat sehingga mudah mengumpulkan debu yang bisa menyumbat. Debu yang menyumbat dapat mengganggu angin yang dikeluarkan kipas. Anda dapat membersihkan heatsink dan juga kipas prosesor agar angin yang diperoleh lebih maksimal dan prosesor tidak mudah panas. 

2.  Perhatikan sirkulasi udara
Sirkuasi udara penting diperhatikan untuk menjaga agar prosesor tidak mudah panas. Bila ingin sirkulasi lebih leluasa, Anda bisa melepaskan salah satu kasing pada CPU. Selain itu, Anda juga perlu menjaga kerapian dengan menata kabel dalam kasing agar tidak berantakan. Bila kebel tersusun dengan baik maka sirkulasi udara akan berjalan lebih lancar.

3. Gunakan thermal paste
Anda dapat menggunakan thermal paste atau pasta prosesor yang berkualitas sehingga suhu panas dari prosesor ke unit heatsink maksimal dan prosesor akan lebih cepat dingin. Thermal paste juga dapat berguna untuk mencegah terjadinya percikan yang mungkin terjadi akibat gesekan antara permukan prosesor dan unit heatsink.

Itulah beberapa cara mendinginkan prosesor yang mudah panas. Semoga cara di atas dapat membantu Anda yang mengalami masalah pada prosesor mudah panas. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment