Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Mengatasi Komputer Hang atau Restart Tiba-tiba

10 October 2023 | 23:24 WIB Last Updated 2023-10-11T09:03:47Z



Ketika Komputer sering hang tentu cukup mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan. Pada dasarnya, Komputer hang memang mungkin pernah terjadi pada setiap pengguna Komputer. Hal tersebut penyebabnya ada beragam, mulai dari masalah pada software maupun masalah pada hardware. Ketika Komputer mengalami hang, terkadang Kita bingung untuk mengatasinya. Berikut ini akan Kami jelaskan cara untuk mengatasi masalah Komputer hang atau restart tiba-tiba.

1. Periksa kipas dan sirkulasi udara
Terkadang Komputer hang bisa disebabkan karena suhu yang terlalu panas atau overheat pada komponen di dalam CPU. Komponen yang sering mengalami overheat pada CPU adalah prosesor. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa sirkulasi udara pada CPU lancar dan terdapat pendingin atau kipas. Jika perlu tambahkan juga cooler gel atau pasta pendingin khusus prosesor untuk menyalurkan panas ke pendingin secara baik.

2. Pastikan daya power supply cukup
Power supply memang merupakan sumber daya utama yang dibutuhkan agar Komputer dapat digunakan. Untuk itu, Anda perlu memastikan kapasitas daya memenuhi kebutuhan agar Komputer tetap stabil saat digunakan. Bila kekurangan daya yang dipasok power supply maka dapat menyebabkan Komputer hang atau restart sendiri. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengganti power supply yang mempunyai kapasitas daya lebih besar.

3. Pastikan Komputer tidak terserang virus
Bila dari sisi hardware tidak ada masalah maka Anda perlu mengecek dari sisi software. Biasanya Komputer hang atau restart sendiri disebabkan oleh virus yang menyerang Komputer. Cara mengetahuinya adalah dengan melakukan scanning menggunakan antivirus. Sebagai langkah antisipasi, Anda juga perlu mengupdate antivirus agar mempunyai database antivirus terbaru.

Demikian penjelasan cara mengatasi Komputer hang atau restart tiba-tiba. Bila cara di atas tidak cukup membantu, kemungkinan ada kerusakan pada komponen Komputer

No comments:

Post a Comment